Kamis, 27 September 2012

BISNIS INFORMATIKA JASA PENJUALAN TOKO ONLINE DAN JASA INTERNET BESERTA DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF YANG DITIMBULKAN



Pendahuluan

Bisnis Informatika belakangan ini mengalami kemajuan yang cukup pesat seiring perkembangan Teknologi Informasi. Bisnis informatika merupakan  suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan adanya teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini. 

Perkembangan bisnis dalam bidang informatika itu sendiri saat ini sangatlah maju. Hal ini dapat dilihat dari berbagai usaha-usaha yang dibangun dengan memanfaatkan teknologi informasi, contohnya seperti: warnet, rental pengetikan komputer, konsultan IT, infrastruktur komputer dan masih banyak lagi.
Perkembangan bisnis informatika sekarang ini cukup menaik drastis, dari segi software, hardware, jasa konsultasi, bisnis internet/online, dan lain-lain. Kenaikan tersebut di faktori oleh naiknya kebutuhan akan teknologi informasi, tidak bisa dipungkiri lagi memang segala sesuatu dari urusan pekerjaan kita maupun urusan pribadi kita tak lepas dari dunia teknologi informasi sekarang ini. Pada penulisan diblog kali ini Saya akan membahas tentang “ bisnis informatika jasa penjulan toko online dan jasa internet beserta dampak positif dan negatif yang ditimbulkan “

Pembahasan

Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

Dengan berkembangnya teknologi yang begitu pesat saat ini maka secara tidak langsung Bisnis informatika berkembang dengan pesat  juga akhir – akhir ini. Karena Bisnis Informatika muncul  adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. 


  • Salah satu bisnis informatika adalah Internet. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat Indonesia bahkan masyarakat Dunia. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali bisnis warnet yang gencar dilakukan saat ini dengan berbagai macam fasilitas yang ditawarkan berupa browsing, chat , printer, scan , games online dan lain sebagainya dengan berkembangnya bisnis internet  berimbas pula terhadap bisnis provider maupun modem yang ditawarkan pada konsumen untuk paket internet murah , karna untuk mengetahui dunia hanya cukup melalui internet disinilah teknologi berperan penting yang berimbas pula terhadap berimbas pula terhadap bisnis informatika sekarang ini . Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi. sekarang jelas apa itu bisnis informatika, dimulai dari hal yang maya(internet)  kita bisa menghasilkan rupiah yang tidak sedikit jumlah, terlebih lagi apabila bisnis internet dibuka dekat dengan kampus maupun sekolah-sekolah.



  • sebagai contoh lain  bisnis informatika sekarang ini yang berkembang pesat adalah  banyak situs-situs penyedia jasa penjualan online, pembeli tidak perlu repot untuk berbelanja keluar rumah mengunakan kendaraan , pada saat ini berbelanja tidak perlu bertemu langsung antara penjual dan pembeli hanya cukup melalui media internet online, semisal Toko Bagus merupakan salah satu took online  yang akhir-akhir ini sangat  gencar melakukan promosi besar-besaran di seluruh media masa dan elektronik, situs ini memiliki lahan untuk kita berjualan, caranya cukup mudah kita hanya tinggal mendeskripsikan barang yang akan kita jual, lengkap dengan penjelasannya dan tambahkan foto agar lebih meyakinkan penjual, dan kita hanya duduk manis dirumah untuk menunggu penawaran dari pembeli, nah disinilah kemampuan negosiasi dengan pembeli diperlukan pikirkan baik-baik untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.


 
Tetapi dengan adanya bisnis berbasis teknologi dapat berdampak positif dan negatif,  
Saya akan mengulas sedikit tentang manfaat serta dampak negatif terhadap kemajuan teknologi dibidang bisnis dan etika bisnis secara tradisional.

 
  • Dampak positif


Tak dapat terelakan, munculnya bisnis online/toko online di dunia maya sangat pesat pertumbuhannya. Mudahnya cara bertransaksi jual beli online menjadikan seseorang tidal lagi harus repot-repot pergi dan habiskan banyak waktu, tenaga hanya untuk membali sebuah barang. Karena bermodalkan sebuah PC dan terhubung dengan internet, konsumen cukup memilih barang dan membayarnya VIA internet banking.


  • Dampak negatif


dampak negatif dari perkembangan teknologi adalah hilangnya etika berbisnis yang dahulunya di lakukan secara tradisional atau secara langsung. Sebagai pembeli kita tahu betul bagaimana menjadi seorang pembeli yang baik dan mempunya etika dalam proses penawaran serta tutur kata yang baik terhadap penjual. Sebalikknya, sebagai penjual kita juga tahu bagaimana melayani pembeli dengan etika-etika yang baik juga. Pembicaraan secara langsung dapat menumbuhkan sosialisai yang tinggi terhadap sesama manusia. Serta dapat menjalin silaturahmi terhadap kedua belah pihak. Hal inlah yang sekarang telah luntur karena perkembangan teknologi yang sangat canggih, saya berpendapat, bahwa kedepan seseorang akan hilang jabatan sebagai makluk sosial yang seharusnya itu menempel sejak lahir.  

                           http://ulpiupie.blogspot.com/2011/11/bisnis-informatika.html
                            http://joelnino.wordpress.com/2011/10/12/bisnis-informatika/
                            http://yoir.wordpress.com/bisnis-informatika/
                            http://www.google.co.id/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar